Beranda » Artikel Islamic » CARA BERSISIR RASULULLAH SAW.

CARA BERSISIR RASULULLAH SAW.

31.) Dalam suatu riwayat, `Aisyah r.a. mengungkapkan:

Aku pernah menyisir rambut Rasulullah saw. padahal aku se-dang haidl.1

Diriwayatkan oleh Ishaq bin Musa al-Anshari dari Ma`n bin `Isa dari Malik bin Anas, dari Hisyam bin `Urwah, dari bapaknya yang bersumber dari `Aisyah r.a..

 

32.) Dalam suatu riwayat yang bersumber dari Anas bin Malik r.a. dikemukakan:

Rasulullah saw. sering meminyaki rambutnya, menyisir janggutnya dan sering waktu menyisir rambutnya, beliau menutupi (bahunya) dengan kain kerudung. Kain kerudung itu demikian berminyak seakan-akan kain tukang minyak.2

Diriwaptkan oleh Yusuf bin `Isa dari Waki` dari Rabe bin shabih dari Yazid bin Aban ar-Raqasyi3 yang bersumber dari Ana’s bin Malik r.a..

 

33.) Ummul Mu’min ‘Aisyah r.a. mengungkapkan:

Sesungguhnya Rasulullah saw. menyenangi mulai bersuci dari anggota badannya yang sebelah kanan, juga ketika memakai sandal.4

Diriwayatkan oleh Hanad bin as-Sirri dari Abul Ahwash dari Asy`ats bin Abusy Sya`tsa’ dari bapaknya dari Masruq yang bersumber dari `Aisyah r.a..

 

34.) Abdullah bin Mughaffal r.a. bercerita:

Rasulullah saw. melarang bersisir kecuali sekali-kali5. 6

Diriwayatkan oleh Muhammad Basyar Bari Yaliya bin Said dari  Hisyam bin Hasan dari al-Hasan Bashri yang bersumber dari `Abdullah bin Mughaffal r.a.7

 

35.)seorang shahabat Nabi (tidak disebut namanya)8 pernah engatakan:

Sesungguhnya Rasulullah saw. jarang-jarang saja bersisir.

Diriwayatkan oleh Hasan bin `Urfah dari `Abdussalam bin Harb dari Yazid bin Abu Khalid dari Abu `Ala al-Audi dari Humaid bin `Abdurrahman yang bersumber dari salah seorang sahabat Nabi saw..

 

_____________

1. Selain hadits ini, masih ada hadits yang semakna dalam Shahih Bukhari bab Pakaian”, dalamShahih Muslim bab “Haidl”, hadits no. 297, dalam Sunan Abu Daud 37:11g Juga bersumber dari ‘Aisyah r.a. tercantum pada bab “Tarajjul”, hadits no. 4189. “alam, SunanIbnu Majah tertera dalam bab “Pakaian”, hadits no. 3633.
2. Diriwayatkan oleh Tirmidzi dalam kitab “Asy-Syama-il” dan oleh Baihaqi.
3. Aban ar-Raciasyi dikenal sebagai orang yang dinilai munkar periwayatannya. Hadits ini sangat berlawanan dengan kebanyakan hadits shahih, yang menerangkan tenting kebersihan dan penampilan terpuji dari Rasulullah saw.. (Muhammad ‘Afif az-Za’bi).
4. Selain dalam Sunan Tirmidzi terdapat pula dalam Shahih Bukhari bab “Tha-, juga dalam Shahih Muslim bab “Thaharah”, Hadits no. 258, juga pada Sunan Abu Daud Hadits no. 33, demikian pula dalam Sunan Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah.
5. Yang dilarang ialah bersisir seperti anita pesolek.
6. Selain terdapat dalam Sunan Tirmidzi, hadits no. 1756, terdapat pula dal”: Sunan Abu Daud bab “Tarajjul”, hadits no. 4159, pada Sunan Nasai bab “Perhiasan juga terdapat dalam Ibnu Hibban.
7. ‘Abdullah bin Mughaffal r.a. adalah sahabat Rasulullah saw. yang masyhur, ia adalah seorang peserta Bai`atusy Syajarah wafat pada tahun 60 H., ada pula yang mengatakan tahun 57 H
8. Shahabat Nabi saw. di sins samar. Ada yang mengatakan ia adalah `Abdullah bin Mughaffal r.a..

# Silahkan Bagikan informasi Bermanfaat ini Kepada Teman Atau Kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!